Bandar Detector

Stockbot Bandar Detector ( BIG FUND FLOW )

Adalah sebuah fitur yang dapat menganalisa gerakan Big Player atau yang sering di sebut dengan Bandar Saham.
Aksi Big Player atau Bandar ini dapat di deteksi melalui 5 broker teraktif yang sedang melakukan aksi akumulasi atau distribusi yang melibihi dari broker lain nya untuk saham tertentu di pasar regular.

Stockbot Bandar Detector mengambil 5 broker yang melakukan transaksi terbesar baik buy atau sell pada saham yang di analisa.
Pada umum nya proses akumulasi atau distribusi oleh bandar bisa memakan waktu lebih dari 1 bulan namun Stockbot hanya mengambil 10 ,5 dan 1 hari data terakhir
untuk menjadi bahan analisa dengan mendapatkan perbandingan nilai pada setiap periode. Bandar detector menampilkan harga rata-rata yang terjadi saat proses akumulasi atau pun distribusi , sehingga level harga tersebut dapat menjadi support atau resistance area bandar.

Manfaat menggunakan fitur ini kita akan merasa lebih yakin bahwa bila bandar sedang akumulasi maka harga akan bergerak cendrung naik dan sebaliknya.
Bandar Detector pada stockbot ini bukan merupakan signal entry / buy atau exit/sell. Anda bisa mengkombinasikan fitur ini dengan teknik dan strategy lain nya.

 

Terdapat 3 kategori.
1. Accumulation : Adalah proses bandar melakukan pembelian.
2. Distribution : Adalah proses bandar melakukan penjualan.
3. Netral : Adalah kekuatan saat bandar membeli dan menjual seimbang.

Saat terjadi Akumulasi perhatikan nilai 1 hari , 5 hari dan 10 hari, Semakin besar angka nya dari total nilai transaksi maka semakin bagus untuk di beli.
Begitu juga bila terjadi distribusi maka perhatikan nilai 1 hari 5 hari dan 10 hari tersebut.
Cara menganlisa menggunakan kombinasi nilai 1 hari 5 hari dan 10 hari ini bisa di lihat pada chart histogram.
Proses hitungan 10 hari akan di netting dan akan terlihat apakah bandar sedang melakukan net buy atau net sell.
Bila nilai net buy hampir 1/2 dari total transaksi atau nilai 1D > 30% dari total transaksi maka hal ini menjadi petunjuk yang sangat kuat saham tersebut dalam strong akumulasi.

Fitur Bandar Detector yang ini akan terupdate setiap 1 jam saat market di buka.

Berikut contoh cara menganalisa saham menggunakan fitur Bandar Detector Stockbot

Pada list table Bandar Detector berikut ini kita dapat melihat nilai akumulasi dan distribusi.

Penjelasan menu :

1. Adalah tombol panah Up & Down yang bisa mensort saham yang ada di list utk 1D , 5D , 10D dan Total.

2. Panah urutan ke 2 menunjukan bila kita TAB/click pada saham ACES tsb maka akan terbuka menu detail mengenai saham ACES tersebut.

3. Panah urutan ke 3 adalah angka total nilai transaksi per hari tersebut. (m) mewakili miliar rupiah.

4. Panah urutan ke 4 menunjukan bar histogram 1 hari (1D) dengan nilai -4 miliar untuk 1 hari tersebut adanya net sell dari bandar. Kemudian nilai Net Buy adalah total transaksi bandar untuk 10 hari di komulatif. (-4+-3.2+11.4)= 4.20 (B ) Miliar artinya selama perido 10 hari masih net buy.

Contoh untuk saham UNTR terditeksi untuk 1D nya terjadi net buy sebesar 41.80 miliar , namun untuk 5 dan 10 hari masih terjadi net sell dan bila di total utk 3 periode tersebut maka masih terjadi net sell sebesar -70.70B(miliar)