Buy On Weakness Trading Signal ( BOW )

Stockbot memberikan trading signal dengan nama BOW adalah sebuah teknik membeli suatu saham dalam kondisi saham tersebut sedang turun.  BOW atau pun nama lain di sebut juga Bottom Fishing adalah metode trading dengan membeli saham saat terjadi koreksi atau sedang dalam kondisi turun dengan harapan setelah terjadi penurunan maka saham tersebut akan rebound atau kembali naik ke harga tertentu.

Membeli saat harga murah adalah teknik yang paling di minati karena peluang harga untuk naik akan lebih cepat namun membeli dalam kondisi bearish  memilki resiko yang lebih besar sehingga pemasangan stoploss harus sangat ketat.

Pada menu BOW terdapat 3 tab menu yaitu

  • Today Buy
  • Hold
  • Today Sell

Baik kita bahas dulu mengenai TODAY BUY menu

Setiap ada buy signal yang baru akan masuk ke menu Today Buy. Signal Buy akan di update setiap hari secara otomatis oleh system stockbot engine setelah market di tutup pukul 16.15 Wib. Dan hasil rekomendasi akan di simpan pada list Today Buy selama 12 jam dari pukul 16.15 dini hari hingga esok sore hari pukul 16.15 dan ini akan berulang setiap hari nya. Trader dapat mulai menganalisa atau menyusun strategi trading di waktu sore atau malam hari sehingga eksekusi dapat di lakukan esok di pagi hari atau sebelum market di tutup kembali. Namun kadang kala Today Buy juga bisa kosong atau tidak ada signal buy untuk BOW strategi.

Stockbot menscreening sekitar 100 saham pilihan yang masuk dalam kategori BOW namun kami tidak menyarankan juga untuk mengikuti seluruh saham yang di rekomendasi. Jadi bila kita hanya akan trading di saham BigCap , Bluechip , Second Liner atau LQ45 atau memiliki kreteria lainnya sebaiknya selalu memfilter dan menyesuaikan apakah saham yang di rekomendasi tersebut ada dalam pilihan kita , bila tidak ada mungkin sebaikanya dapat di abaikan hingga menunggu saat ada signal buy untuk saham – saham pilihan kita.

Ketika sore hari pukul 16.15 signal yang ada di menu Buy today akan berpindah ke menu Hold. Jadi setiap hari signal saham-saham yang ada di buy today akan berpindah ke menu HOLD secara otomatis.

Fungsi menu HOLD adalah menyimpan hasil rekomendasi dari Buy signal sebelumnya hingga ada muncul sell signal. Saat di menu HOLD kita dapat memantau juga pergerakan saham-saham yang telah di rekomendasi BOW-Buy Signal tersebut.

Bila kita tidak sempat membeli saat saham di menu Buy Today maka kita juga masih bisa mencari kandidat saham yang ingin kita lakukan pembelian sesuai trading plan yang di sarankan.

Setiap adanya signal baru BUY dari sistem maka kita akan mendapatkan notifikasi / alert di handphone kita dan bisa di buka di menu notif atau langsung di menu BOW pada tab Buy Today.

Strategy trading saat saham dalam kondisi tertekan dalam penurunan atau koreksi bila kita dapat entry / masuk pada harga yang tepat di waktu yang tepat maka peluang profit akan lebih besar dan bisa di raih dalam waktu  singkat sekitra 2-5 hari kerja bila melebihi waktu tersebut dan saham tersebut tidak naik atau turn kembali sebaiknya berhati – hati karena kemungkinan akan melanjutkan penurunan. Oleh sebab itu selalu membatasi resiko dengan memasang stoploss.

Stockbot mensetting area profit taking 3% , 5 % dan 8% dari harga buy average namun terkadang profit yang di dapat bisa melebihi dari target price yang telah di tentukan serta stoploss 5% dari harga pembelian.

Setiap signal BUY yang keluar di lengkapi dengan trading plan sehingga trader dapat menset target price , stoploss sesuai yang telah di sarankan oleh system stockbot.

HOLD menu

Hold tab adalah tempat menampung saham-saham yang pernah di rekomendasi oleh sistem BOW – Buy tersebut dan masih dalam kondisi floating artinya belum ada Sell signal. Dari menu HOLD ini kita dapat memantau pergerakan harga secara realtime saat market di buka hingga penutupan.  Di dalam menu hold akan termonitor pergerakan harga dari menit ke menit sehingga kita dapat melihat apakah saham yang di rekomenasikan tersebut mendekati area profit taking atau bergerak mendekati stoploss.

Bila saat market running saham yang ada di menu HOLD tersebut mengenai target profit dan system memberikan instruksi exit maka secara otomatis saham tersebut akan pindah ke menu Sell. Begitu juga bila sahan tersebut mengenai Stoploss maka akan terpidahkan secara otomatis ke menu Sell.

Today Sell Menu

Today Sell adalah untuk melihat saham-saham yang sudah layak di jual pada hari ini. Saham yang ada di Today Sell adalah saham dari menu Hold sebelumnya.

Jadi dari sini kita sudah paham akan flow dari Buy Today – Hold dan Sell Today tentunya….

Berikut Contoh tampilan Signal yang terdapat pada menu Buy On Weakness. Pada menu Today Buy terdapat 1 saham yang di rekomendasi oleh sistem stockbot untuk melakukan strategy pembelian.

  1. Buy Level : Harga yang di sepakati untuk membeli.
  2. Stoploss   : Level harga Sell untuk membatasi kerugian.
  3. Trend       : Kondisi trend harga saat ini.
  4. Close        : Harga penutupan terakhir.
  5. 5 Days High Low : Harga tertinggi dan terendah selama 5 hari. ( Ini dapat menentukan volatilitas harga )

Bila Anda klik pada text Buy Level maka akan terbuka detail harga dan komentari serta chart sebagai berikut :

  • Terlihat tanggal dan waktu saat signal di keluarkan.
  • Target Price 1 dan 2 adalah kesepakatan untuk menjual di harga tinggi di target price yang ideal menurut Anda.
  • Net G/L adalah floating naik / turun sejak harga pembelian.
  • Trade Value : Adalah nilai transaksi harian untuk saham tersebut.

Buy Level adalah area yang dapat kita lakukan akumulasi pembelian. Kita bisa membeli di harga 1775 atau 1790 atau pun membeli dari harga 1775 hingga 1790.

Strategi membeli tergantung masing-masing trader. Contoh kita ingin membeli 20 lot maka kita bisa pasang beli di salah satu harga 1775 dan 1790 atau pun membagi 2 menjadi 10 lot di 1775 dan 1790 10 lot ataupun kita bisa membeli dari harga 1775 hingga 1790 di pasang di setiap harga 1775,1780,1785,1790 masing-masing 5 lot.

Strategi untuk membeli kami serahkan kepada masing-masing trader. Pastikan esok hari saat harga di buka bila cepat terjadi rebound / naik dan tidak mengenai harga yang kita pasang Anda bisa menaikan harga beli tersebut namun sebaliknya bila masih terjadi pelemahan silahkan sesuikan harga beli di lebih bawah.

Order Plan

Bila Anda mengklik tombol Order Plan maka akan keluar menu sbb:

Menu Order Plan berfungsi membantu memberikan instruksi dan rencana pembelian saham dengan menghitung jumlah lot pembelian.

Lot to Order harus di isi manual , Contoh di sini kami mengisi 20 lot maka text order summary akan membuat rangkuman dan pada bagian Commnet tersebut kita dapat memasukan text tambahan yang ingin kita tuliskan.

Setelah selesai klik tombol Copy Order maka intruksi pembelian tersebut dapat kita save untuk keperluan kita sendiri ataupun dapat di share melalui media chat seperti whatsapp,telegram,line,email dll. Mungkin text tersebut bisa kita share juga ke teman ataupun broker di sekuritas kita. (ini optional dapat di gunakan sesuai kebutuhan)

 

Menu HOLD

Menu HOLD berfungsi menampung semua saham – saham yang telah di rekomendasi sehari sebelumnya oleh Buy signal akan berpindah ke menu HOLD.

Fungsi menu HOLD adalah agar kita dapat memonitor perkembangan dan pergerakan harga saham-saham yang telah kita beli berdasarkan rekomendasi oleh sistem BOW.

Last Price menunjukan pergerakan harga terakhir.

Target adalah nilai yang di sepakati untuk menjual di harga atas atau area untuk mengambil untung / profit taking area.

G/L nilai presentasi antara harga beli dan harga saat ini.

Bought Price adalah harga pembelian saat di rekomendasi Buy.

 

 

 

 

Bila kita mengklik pada saham-saham yang ada di list Hold tersebut maka akan tampil detail sbb :

Kita bisa memantau apakah target price kita sudah tercapai atau belum. Bought Since ini informasi sudah berapa lama sejak masa pembelian (buy signal) keluar hingga saat ini. Kemudian ada komentari yang dapat kita jadikan sebagai acuan.